Batik Jagatan Banyumasan

0 274

Batik Jagatan Banyumasan

Inovasi yang terdapat dalam motif batik selalu dilakukan untuk menghadapi persaingan dan menyesuaikan selera pasar. Batik Pringmas sebagai salah satu produsen Batik kha Banyumasan juga selalu melakukan inovasi motif batik baru untuk semakin memperkaya khazanah Batik Banyumas. Salah satnya adalah Motif Jagatan Banyumasan. Motif “Jagatan Banyumasan” merupakan penggabungan motif-motif batik yang secara turun temurun berkembang di daerah Kabupaten Banyumas yang termasuk dalam motif batik pedalaman.

Dalam motif ini disajikan berbagai macam motif batik yang mendapat pengaruh Motif Batik Solo dan Yogyakarta maupun motif asli dari Banyumas. Didesain dengan menggunakan pola “tambal” atau “buntalan” untuk memisahkan masing-masing motif. Pola tambal menggambarkan gabungan, gotongr oyong, kesatuan dari rakyat yang bhineka (beraneka tagam). Pola tambal juga mengandung dilosofi untuk kesembuhan bagi si pemakai. Dalam hal ini, kesembuhan yang dimaksud adalah agar bangsa ini bias segera melalui masa-masa sulit sehubungan dengan keadaan akhir-akhir ini yang sering terjadi bencana dan gejolak sosial terkait dengan masa pergantian kepemimpinan Negara.

Motif Bunga Matahari yang mengisi ruang antara motif satu dengan yang lain menggambarkan harapan akan masa depan yang cerah nan gemilang atas si pengguna kain, masyarakat Banyumas dan Indonesia pada umumnya. Matahari juga menyimbolkan cahaya penerang yang mengandung harapan bahwa dalam menjalani kehidupan, kita selalu mendapat Cahaya terang petunjuk Illahi.

Warna latar hitam selain member cirri khas Batik Banyumasan, juga melambangkan kekuatan, kereguhan iman dan tekad. Warna cokelat yang mewakili warna tanah melambangkan kerakyatan, membumi. Bahwa semua do’a dan harapan yang terkandung dalam motif ini diharapkan akan menyebar keberkahannya kepada tempat dan masyarakat dimana kain ini nanti digunakan. Warna kunimg keemasan melambangkan harapan akan masa emas, kesuksesan dan kemuliaan martabat dan perilaku si pemakai.

Source http://pringmas.blogspot.co.id/ http://pringmas.blogspot.co.id/2015/06/jagatan-banyumasan-kreasi-motif-batik.html
Comments
Loading...