Batik Jadi Idola Di Azerbaijan

0 9

Batik Jadi Idola Di Azerbaijan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo membuka perhelatan tahunan Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2018 di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Rabu (3/10/2018). Seusai membuka acara dia diajak melihat-lihat pameran batik klasik dan koleksi batik Keraton Nusantara.

Muhadjir bercerita soal pengalamannya di Azerbaijan beberapa waktu lalu. Stan batik dikerubungi pengunjung. Ia menjelaskan rasa penasaran pengunjung terlihat ketika mereka rela antre untuk melihat dan belajar pembuatan batik di stan. Di pameran itu ada dua stan yang memamerkan produk Indonesia, yakni stan batik dan kopi.

Batik sudah dikenal sejak abad ke-9 di zaman Kerajaan Mataram kuno. Menurut Muhadjir, kondisi ini yang memperkuat Yogyakarta dinobatkan sebagai Kota Batik Dunia. Kala itu, motif batik diterapkan pada arca yang kainnya dipahat motif kawung. Dalam kehidupan sehari-hari, motif batik juga merepresentasikan siklus hidup manusia, dari kelahiran sampai kematian.

Tanggung jawab kita batik tetap bertahan mengikuti perkembangan zaman dan mempertahankan eksklusivitas serta keunikannya. Ia berpendapat batik memiliki nilai tambah karena punya kecenderungan tidak bisa direproduksi secara massal. Oleh karena itu, batik bisa menjadi elemen utama dalam ekonomi kreatif.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/regional/read/3659397/4-motif-batik-kepemimpinan-yogyakarta?source=search
Comments
Loading...