Batik Indramayu Motif Tiga Negeri

0 88

Batik Indramayu Motif Tiga Negeri

Latar belakang kehidupan nelayan dan petani menjadi ciri dan identitas batik Indramayu. Ciri khas yang terlihat dari Batik Indramayu adalah ragam flora dan fauna diungkap secara datar, dengan banyak lengkung dan garis-garis yang meruncing atau riritan, latar putih dan warna gelap dan banyak titik yang dibuat dengan teknik cocolan jarum, serta bentuk isen-isen atau sawut yang pendek dan kaku.

Tidak banyaknya makna simbolis pada ragam hias batik Indramayu, disebabkan para pembatik lebih cenderung menganggap membatik selayaknya melukis tanpa maksud apapun selain tertarik pada keindahan semata, kemudian batik sebagai komoditi ekonomi yang dibuat berdasarkan selera konsumen dan tidak memakan waktu lama dalam proses pembuatannya.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Tiga Negeri. Tiga Negeri menggambarkan tiga aspek kehidupan yang merupakan dasar keseimbangan yaitu tanah, air dan udara. Menjaga ketiganya merupakan syarat menuju hidup yang berkeadilan dan berkemakmuran.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/motif-batik-indramayu.html?view=timeslide
Comments
Loading...