infobatik.id

Batik Indramayu Motif Teratai

0 20

Batik Indramayu Motif Teratai

Batik Indramayu sudah mengalami perubahan dari segi fungsi, desain, pewarnaan, dan motif. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu menginginkan hal yang baru. Batik yang semula terikat oleh aliran-aliran, seperti pada batik tradisional, kini mengalami perubahan fungsi batik. Motif-motif yang digunakan sudah merupakan hasil dari kreasi baru mendekati pada motif abstrak yang merupakan peralihan tradisional dan modern.

Untuk pemasaran, Batik Indramayu selain dijual di pasaran nasional, batik ini juga sudah menembus pasaran Internasional.Untuk tujuan luar negeri batik Indramayu sebagian besar dipasarkan ke negara-negara Timur Tengah dan negara Eropa seperti Inggris dan Perancis.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Teratai. Motif Teratai adalah penggambaran bunga. Bunga teratai akrab bagi warga Indramayu khususnya bagi para pembatik yang tinggal di daerah berawa dan sekitar pantai. Tangkainya yang biasa dibikin tumis dan bijinya biasa dibuat kuaci. Bunga ini memberi inspirasi bagi para pembatik dan dituangkan indah dalam sehelai kain yang merupakan simbol kesucian dan kebenaran.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/motif-batik-indramayu.html?view=timeslide
Comments
Loading...