Batik Indramayu Motif Swastika atau Sidomukti

0 80

Batik Indramayu Motif Swastika atau Sidomukti

Batik Indramayu seringkali disebut juga sebagai batik Dermayon atau batik Paoman. Keindahan alam dan berbagai fenomena yang terjadi di Indramayu telah mendorong lahirnya kreativitas pembatik Indramayu dalam menciptakan motif batik. Latar belakang kehidupan nelayan dan petani menjadi ciri dan identitas Batik Indramayu.

Tidak banyaknya makna simbolis pada ragam hias batik Indramayu, disebabkan para pembatik lebih cenderung menganggap membatik selayaknya melukis tanpa maksud apapun selain tertarik pada keindahan semata, kemudian batik sebagai komoditi ekonomi yang dibuat berdasarkan selera konsumen dan tidak memakan waktu lama dalam proses pembuatannya.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Swastika atau Sidomukti. Sidomukti terdiri atas dua buah kata yaitu sido dan mukti. Kata sido itu sendiri berarti terus menerus (berkelanjutan) dan kata mukti memiliki arti makmur atau kemakmuran. Kata Sidomukti ini sendiri memiliki arti kemakmuran yang terus menerus. Motif batik Indramayu Sidomukti sendiri dibentuk dari persegi yang tersusun rapi yang dilengkapi dengan isenan (isi) khas seperti ikan dan udang yang melambangkan keanekaragaman flora dan fauna wilayah pesisir Indramayu.

Source https://www.bloggermangga.com/ https://www.bloggermangga.com/2015/04/50-motif-batik-indramayu-yang-sudah.html
Comments
Loading...