infobatik.id

Batik Indramayu Motif Sunggingan Manuk Tetingkring

0 35

Batik Indramayu Motif Sunggingan Manuk Tetingkring

Batik Indramayu termasuk dalam jenis Batik Pesisir, dilihat dari jenis motif dan warna yang digunakan. Menurut sejarah, pembuatan Batik Indramayu diperkirakan telah berlangsung lama yaitu sekitar abad ke 13 sampai 14 di mana Pelabuhan Cimanuk menjadi satu-satunya pelabuhan terbesar di Pulau Jawa dan Asia, semasa jayanya Kerajaan Manuk Rawa di Muara Cimanuk.

Ciri khas yang terlihat dari Batik Indramayu adalah ragam flora dan fauna diungkap secara datar, dengan banyak lengkung dan garis-garis yang meruncing atau riritan, latar putih dan warna gelap dan banyak titik yang dibuat dengan teknik cocolan jarum, serta bentuk isen-isen atau sawut yang pendek dan kaku. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Sunggingan Manuk Tetingkring.

Batik Indramayu Motif Sunggingan Manuk Tetingkring menggambarkan burung yang sedang memadu kasih di atas pohon. Makna dari motif ini menyiratkan berkah kehidupan lahir batin dalam kehidupan berumah tangga, keharmonisan dan kebahagiaan yang langgeng dan terjaga selama-lamanya.

Source https://www.bloggermangga.com/ https://www.bloggermangga.com/2015/04/50-motif-batik-indramayu-yang-sudah.html
Comments
Loading...