infobatik.id

Batik Indramayu Motif Sisik

0 34

Batik Indramayu Motif Sisik

Motif Batik Indramayu banyak menggambarkan unsur tumbuhan yaitu flora dan fauna, yang menjadi ciri khas batik pesisir Indramayu seperti ikan, udang, bunga, daun, akar, bermacam jenis manuk atau burung  antara lain burung Lokcan  yang secara literal bermakna “sutera biru ”. Ciri seni terapan batik indramayu non geomeris, berupa susunan motif yang menyebar secara dinamis dan atraktif yang memenuhi bidang kain.

Unsur pokok seni rupa pada Batik Indramayu lebih ditentukan oleh warna, bidang, kombinasi garis dan titik, serta tekstur. Selanjutnya unsur-unsur seni yang terkandung didalamnya harus disusun membentuk pola tertentu agar mampu memberikan sebuah seni artistik pada kain Batik Indramayu sehingga menciptakan keindahan secara utuh dan harmonis.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Sisik. Sisik dapat diartikan sebagai kulit ikan yang berbentuk bulatan tipis dan tersusun rapi. Sisik menjadi latar batik dan dihiasi bunga atau burung ini terinspirasi dari salah satu keanekaragaman flora dan faunda sepanjang pesisir Indramayu. Motif batik ini melambangkan rasa syukur masyarakat pesisir Indramayu atas hasil alam yang melimpah.

Source https://www.bloggermangga.com/ https://www.bloggermangga.com/2015/04/50-motif-batik-indramayu-yang-sudah.html
Comments
Loading...