Batik Indramayu Motif Sekar Niem

0 75

Batik Indramayu Motif Sekar Niem

Motif Batik Indramayu saat ini sudah mengalami banyak perubahan dari segi desain, fungsi, pewarnaan, dan motif batik itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh perkembangan jaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu menginginkan hal yang baru. Batik Indramayu pada awalnya terikat oleh aliran-aliran, seperti pada batik tradisional indramayu, kini sudah mengalami perubahan fungsi batik.

Motif-motif yang dipakai sudah merupakan hasil perpaduan tradisional dan modern yang cenderung mendekati pada motif batik abstrak sebagai wujud peralihan dari tradisional dan modern. Tidak banyaknya makna simbolis pada motif batik Indramayu disebabkan oleh para pembatik yang lebih cenderung menganggap bahwa membatik itu selayaknya melukis tanpa maksud tertentu selain tertarik pada keindahan saja. Batik Tulis Indramayu sudah menjadi komoditi ekonomi yang dibuat berdasarkan selera pembeli dan tidak memakan waktu lama dalam proses pembuatan Batik Indramayu.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Sekar Niem. Sekar Niem merupakan motif tumbuh-tumbuhan berbunga yang banyak ditemu di sekitar daerah pembatikan di Indramayu. Berdaun kecil dan berbunga wangi, biasa digunakan sebagai salah satu bunga dalam acara sakral atau sejenisnya. Beberapa orang meyakini batik ini bernilai luhur dan mengingatkan manusia bahwa hidup yang baik adalah hidup yang pada akhirnya dikenang karena harum namanya.

Source https://www.bloggermangga.com/ https://www.bloggermangga.com/2015/04/50-motif-batik-indramayu-yang-sudah.html
Comments
Loading...