infobatik.id

Batik Indramayu Motif Puyong

0 6

Batik Indramayu Motif Puyong

Batik Indramayu termasuk dalam jenis Batik Pesisir, dilihat dari jenis motif dan warna yang digunakan. Menurut sejarah, pembuatan Batik Indramayu diperkirakan telah berlangsung lama yaitu sekitar abad ke 13 sampai 14 di mana Pelabuhan Cimanuk menjadi satu-satunya pelabuhan terbesar di Pulau Jawa dan Asia, semasa jayanya Kerajaan Manuk Rawa di Muara Cimanuk. Saat itu, perdagangan dari berbagai bangsa di dunia terjadi di Pelabuhan Muara Cimanuk.

Sehingga motif batik di Indramayu banyak mendapat pengaruh besar dari gambar atau motif kaligrafi dari Arab, Cina atau daerah Jawa Tengah maupun Jawa Timur. Batik Indramayu sudah mengalami perubahan dari segi fungsi, desain, pewarnaan, dan motif. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu menginginkan hal yang baru. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Puyong.

Pada zaman dahulu Motif Puyong mengambil obyek sejenis burung besar, bentuk tubuhnya seperti burung merpati dan sering hinggap di sekitar rumah penduduk wilayah pembatikan di Indramayu. Karena sudah menjadi bagian dari komunitas pendudukan, burung ini diabadikan dalam sebuah karya batik, Batik Motif Puyong.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/50-motif-batik-indramayu-yang-sudah.html
Comments
Loading...