Batik Indramayu Motif Pentil Kuista

0 43

Batik Indramayu Motif Pentil Kuista

Sentra kerajinan batik di Kabupaten Indramayu umumnya berada di pesisir meliputi Kelurahan Paoman, Desa Pabean Udik, Karang Song, Terusan, Sindang dan Dermayu. Batik Indramayu tersedia dalam beragam jenis produk mulai dari bahan belum jadi (kain) sampai produk siap pakai seperti kemeja pria dan pakaian wanita.

Batik Indramayu sudah mengalami perubahan dari segi fungsi, desain, pewarnaan, dan motif. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu menginginkan hal yang baru. Batik yang semula terikat oleh aliran-aliran, seperti pada batik tradisional, kini mengalami perubahan fungsi batik. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Pentil Kuista.

Pentil berarti buah muda, sedang kuista adalah buah yang berasa asam manis. Pohon kuista banyak ditemui di desa Babadan, Cantigi dan Rambatan. Buah kuista berbentuk bulan seperti bola tenis, berkulit keras, berwarna coklat muda sampai tua. Buah kuista mentah berasa hambar dan manis jika sudah matang dan biasanya dibuat sirup atau rujak dan bagus untuk kesehatan pencernaan. Zaman dahulu buah ini sangat terkenal dan banyak diperjualbelikan di pasar sekitar Indramayu. Walau tidak seperti pada zaman kejayaannya, buah kuista masih bisa ditemui dan dijual di pasar pasar tradisional (pasar malam). Motif Pentil Kuista juga menggambarkan kehidupan rakyat yang sering merasakan asam manisnya kehidupan.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/50-motif-paten-batik-khas-indramayu-bag.html
Comments
Loading...