Batik Indramayu Motif Lasem Urang

0 224

Kabupaten Indramayu memiliki motif batik yang beragam dan unik. Sayangnya, belum seluruh motif batik tersebut dipatenkan. Sekretaris Daerah Kabupaten Indramayu Ahmad Bachtiar menyebutkan, ada sekitar 140 motif batik khas Indramayu. Dari jumlah 140 motif, baru ada 80 motif yang dipatenkan. Pengajuan hak paten motif batik harus disertai dengan narasi mengenai latar belakang munculnya motif tersebut secara lengkap.

Hal inilah yang membuat pematenan motif menjadi lama karena mengumpulkan sejarah motif memerlukan waktu.Batik Indramayu juga memiliki latar belakang yang istimewa. Menurutnya, batik Indramayu menggambarkan potret kehidupan pesisir laut dan dilakukan oleh para istri nelayan yang ditinggal suaminya melaut. Proses pembuatan batik Indramayu juga memiliki teknik complongan yang hanya ada di Indramayu dan tidak ada didaerah lain. Teknik itu berupa pelubangan kain dengan menggunakan alat menyerupai jarum. Motif Lasem Urang merupakan motif batik Indramayu yang sudah dipatenkan.

Motif Lasem Urang

Indramayu dikenal sebagai daerah pesisir yang kaya akan hasil perikannya, salah satunya adalah udang. Dalam bahasa Indramayu udang berarti urang yang bentuknya kecil-kecil. Nelayan pergi melaut dan menangkap ikan dan udang di pesisir pantai Indramayu selama berbulan-bulan.

Isteri-isteri nelayan inilah yang sejak dahulu mengkaryakan hidupnya dengan membatik selama ditinggal melaut para suaminya. Motif ini terinspirasi oleh kekayaan hasil tangkapan ikan dan udang di pantai utara Indramayu pada zaman dahulu. Konon banyak orang yang percaya dengan membatik motif ini berharap supaya mendapatkan hasil yang berlimpah.

Source Batik Indramayu Motif Lasem Urang Batik Motif
Comments
Loading...