Batik Indramayu Motif Kereta Kencana

0 58

Batik Indramayu Motif Kereta Kencana

Batik Indramayu seringkali disebut juga sebagai batik Dermayon atau batik Paoman. Keindahan alam dan berbagai fenomena yang terjadi di Indramayu telah mendorong lahirnya kreativitas pembatik Indramayu dalam menciptakan motif batik. Latar belakang kehidupan nelayan dan petani menjadi ciri dan identitas Batik Indramayu.

Ciri khas yang terlihat dari Batik Indramayu adalah ragam flora dan fauna diungkap secara datar, dengan banyak lengkung dan garis-garis yang meruncing atau riritan, latar putih dan warna gelap dan banyak titik yang dibuat dengan teknik cocolan jarum, serta bentuk isen-isen atau sawut yang pendek dan kaku. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Kereta Kencana.

Motif Batik Kereta Kencana adalah salah satu gambaran seni di zaman dahulu, kereta menjadi simbol dari kekuasaan, kemegahan, kebijaksanaan, kebangsawanan, menggambarkan puncak pencapaian tujuan. Motif ini melambangkan kendaraan khusus para jendral untuk meninjau kampung-kampung ketika berkeliling di sepanjang wilayah Indramayu Utara, karena anggapan mereka basis Masyumi berada di daerah Babadan dan sekelilingnya. Sesampainya disana mareka berteriak sambil meniupkan slompret sebagai pertanda waktu alarm yang tujuannya untuk mengangkat harta pribumi untuk perbekalan Belanda. Istilah sekarang garong di malam hari. Itulah kisah kekejaman penjajah yang digambarkan dalam motif batik ini.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/50-motif-paten-batik-khas-indramayu-bag.html
Comments
Loading...