Batik Indramayu Motif Kembang Pete

0 225
Batik Indramayu memiliki ciri khas tersendiri bila dibandingkan dengan motif batik dari daerah lain termasuk dari daerah Cirebon yang Batiknya sangat terkenal dengan batik Trusminya. Letak geografis dan astronomis membuat batik Indramayu memiliki keunikan tersendiri.
Tidak heran jika motif batik tersebut lebih banyak menggambarkan binatang, tumbuh-tumbuhan dan peralatan yang ada sejak dulu hingga sekarang. Motif tersebut banyak sekali, tetapi ada beberapa yang sudah memiliki hak cipta dan dipatenkan. Salah satu motif batik yang sudah dipatenkan adalah Motif Kembang Pete.

Motif Kembang Pete

Motif Kembang Pete dibuat berdasarkan gambaran alam sekitar yang dituangkan dalam bentuk seni batik pada zaman dahulu. Pohon pete yang banyak tumbuh di sekitar daerah Indramayu kebanyakan pete China atau dikenal dengan sebutan bendara (lamtoro) yang tumbuh di pesawahan atau batas-batas pekarangan.

Bendara ini buahnya biasa dipakai sebagai menu lalapan dan kayunya berfungsi sebagai pagar antar rumah atau kebun/sawah. Ada pun pete yang besar ditemu di Indramayu bagian selatan berbatasan dengan Sumedang atau Subang. Biji pete dengan rasa khas banyak disukai oleh masyarakat. Motif kembang pete ini dapat diartikan seperti halnya pohon pete yang buahnya bisa dimakan dan pohonnya berfungsi sebagai pagar artinya manusia dalam hidupnya selain harus berguna bagi diri sendiri juga kepada masyarakat sekitarnya misalnya dapat membantu satu sama lainnya.

Source Batik Indramayu Motif Kembang Pete Motif
Comments
Loading...