infobatik.id

Batik Indramayu Motif Kembang Gunda

0 25

Batik Indramayu Motif Kembang Gunda

Para pelaku batik yang ada di Indramayu banyak mengambil tema alam di sekitarnya, kemudian dituangkan menjadi bentuk motif batik di atas kain. Unsur pokok seni rupa pada Batik Indramayu lebih ditentukan oleh warna, bidang, kombinasi garis dan titik, serta tekstur. Selanjutnya unsur-unsur seni yang terkandung didalamnya harus disusun membentuk pola tertentu agar mampu memberikan sebuah seni artistik pada kain Batik Indramayu sehingga menciptakan keindahan secara utuh dan harmonis.

Seiring dengan perkembangannya, teknik pembuatan batik indramayu kini cenderung lebih bebas dalam menciptakan bergaya, tidak memiliki ikatan, corak abstraknya dilakukan dengan memakai canting dan kuas dengan menggunakan warna yang beraneka ragam. Untuk proses pewarnaannya menggunakan teknik mencelup dan mencolet.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Kembang Gunda. Kembang Gunda adalah tanaman yang banyak tumbuh di rawa-rawa/balong di pesisir pantai dan bermanfaat menjadi bagian isi makanan rumbah. Berasa agak pahit/sepet/hambar tetapi tetap enak menikmatai hasil olahannya. Motif ini sebagai simbol cinta yang tulus tanpa syarat, abadi, dan semakin lama semakin terasa subur berkembang. Karena maknanya, kain ini biasa dipakai oleh orang tua pengantin pada hari pernikahan. Harapannya adalah agar cinta kasih ini akan menghadapi kedua mempelai, diberi kesabaran walau pahit manis dalam kehidupan yang akan ditempuh.

Source https://www.bloggermangga.com/ https://www.bloggermangga.com/2015/04/50-motif-batik-indramayu-yang-sudah_4.html
Comments
Loading...