infobatik.id

Batik Indramayu Motif Kapal Kandas

0 27

Batik Indramayu Motif Kapal Kandas

Motif Batik Indramayu disusun dengan membentuk pola ritmis dan dinamis dengan bentuk-bentuk lengkung serta garis meruncing yang biasa disebut ririan berlatar putih dan gelap namun tidak memiliki makna simbolis secara khusus. Latar batik diisi penuh oleh cocohan yaitu pemberian titik – titik (cecek) yang dibuat dengan menggunakan alat jarum. Untuk isen – isen banyak menggunakan garis–garis halus pendek yang biasa disebut sawut yang berkesan  kaku. Warna yang digunakan biasanya terdiri dari dua jenis yaitu warna  biru atau merah maroon yang cenderung lebih gelap dengan kombinasi latar berwarna cerah.

Motif Batik Indramayu banyak menggambarkan tema-tema alam berupa flora dan fauna khas daerah pesisir. Faktor yang begitu kuat mempengaruhi munculnya macam-macam motif batik indramayu yang selanjutnya menjadi ciri khas yaitu letak geografis, sifat, kepercayaan serta adat istiadat, dan tata kehidupan daerah tersebut, keadaan alam sekitar termasuk didalamnya flora dan fauna serta hubungan antar daerah pembatikan. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Kapal Kandas.

Motif kapal kandas tidak asing oleh masyarakat Indramayu yang dikenal sebagai pelaut sejak zaman sebelum kemerdekaan Indonesia. Istri-istri pelaut inilah yang mengisi waktu luang selama ditinggal melaut berhari-hari dengan membatik. Beberapa kisah mengatakan bahwa kandas berarti karam,menggambarkan kapal yang hancur sehingga tinggal puing kapal,dayung,ceruk,rantai dan sebagiannya terkait peperangan Belanda di sekitar bantaran Cimanuk dan laut pantai utara.Para pembatik bertempat tinggal di jalur sungai cimanuk yang menjadi bandar kapal-kapal Belanda maupun nelayan pada waktu itu.

Source https://www.bloggermangga.com/ https://www.bloggermangga.com/2015/04/50-motif-batik-indramayu-yang-sudah_4.html
Comments
Loading...