infobatik.id

Batik Indramayu Motif Jati Rombeng

0 27

Batik Indramayu Motif Jati Rombeng

Dilihat dari polanya Batik Indramayu merupakan tergolong dalam kategori batik pesisir. Batik ini berbeda  dengan Batik Solo maupun Batik Yogyakarta. Motif Batik Indramayu umumnya menggambarkan suasana pesisir, misalnya motifnya bergambar seseorang nelayan yang sedang mencari ikan di laut. Motif batik Indramayu juga mendapat pengaruh dari china dan juga Arab.

Karakter lain dari baik Indramayu adalah misalnya bernuansa flora dan fauna. dengan borgol dan banyak garis lengkung yang lancip (riritan), latar belakang putih dan warna gelap dan banyak titik-titik yang dibuat dengan teknik cocolan jarum, dan bentuk dari isen-isen (sawut) yang pendek dan kaku.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Jati Rombeng. Motif ini terinspirasi dari tanaman jati, mulai dari akar, pohon dan daun dapat dimanfaatkan. Kayunya merupakan bahan baku meubelair terbaik. Tunggaknya dapat diolah menjadi karya seni yang bernilai tinggi. Jati banyak ditemui di Indramayu bagian selatan khususnya di daerah Haurgeulis. Kayu jati diolah dengan kretivitas untuk dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Source https://www.bloggermangga.com/ https://www.bloggermangga.com/2015/04/50-motif-batik-indramayu-yang-sudah_4.html
Comments
Loading...