infobatik.id

Batik Indramayu Motif Dan Liris/Udan Liris

0 2

Batik Indramayu Motif Dan Liris/Udan Liris

Batik Indramayu seringkali disebut juga sebagai batik Dermayon atau batik Paoman. Keindahan alam dan berbagai fenomena yang terjadi di Indramayu telah mendorong lahirnya kreativitas pembatik Indramayu dalam menciptakan motif batik. Latar belakang kehidupan nelayan dan petani menjadi ciri dan identitas Batik Indramayu.

Batik Indramayu sudah mengalami perubahan dari segi fungsi, desain, pewarnaan, dan motif. Hal ini disebabkan oleh perkembangan zaman maupun adanya pengaruh-pengaruh dari sisi kehidupan manusia yang selalu menginginkan hal yang baru. Batik yang semula terikat oleh aliran-aliran, seperti pada batik tradisional, kini mengalami perubahan fungsi batik. Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Dan Liris/Udan Liris.

Motif Dan Liris.Udan Liris mengandung makna ketabahan dan harus tahan menjalani kehidupan dengan rasa prihatin biarpun dilanda panas dan hujan. Setiap orang yang berumah tangga, apalagi pasangan yang baru menikah, harus mau dan berani hidup prihatin ketika banyak halangan dan cobaan. Ibaratnya seperti tertima hujan dan panas, tidak boleh mudah mengeluh. Segal macam halangan dan rintangan itu harus dihadapi dan menyelesaikannya bersama-sama.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/motif-batik-indramayu.html?view=timeslide
Comments
Loading...