Batik Indramayu Motif Cendrawasih

0 80

Batik Indramayu Motif Cendrawasih

Ciri khas batik dari Indramayu diperoleh dari kebudayaan masyarakat daerah tersebut sendiri dan juga kebudayaan asing yang ikut masuk dan menarik perhatian rakyat daerah ini. Selain itu pengaruh motif batik ini juga sangat dipengaruhi oleh lingkungan, adat istiadat, budaya dan juga kepercayaan masyarakat setempat. Motif batik Indramayu adalah motif batik yang banyak dipengaruhi oleh batik yang berasal dari daerah pesisir bagian utara dari wilayah Jawa Tengah. Sejarah batik di kota ini sebenarnya sudah sangat lama dan menurut sejarah dan juga penelitian yang ada, batik di daerah ini telah ada sejak zaman kerajaan Demak, yang berkuasa sekitar tahun 1527.

Batik mulai dikenal di daerah ini sejak banyaknya pembuat baju batik yang berasal dari daerah Lasem pindah ke kota Indramayu ini. Hal ini juga lah yang membuat motif baju batik daerah ini memiliki kemiripan dengan motif batik Lasem yang juga kemudian mendapatkan pengaruh dari kebudayaan bangsa Cina dalam pembuatan berbagai macam motif batiknya.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Cendrawasih. Semua orang pasti mengenal bahwa burung Cendrawasih berasal dari Papua (dulu Irian Jaya). Keindahan burung ini telah menginspirasi para pembatik di Indramayu. Kemungkinan burung ini sudah ada di Indramayu atau pernah dikoleksi pada zaman terdahulu di sekitar Indramayu. Keindahan dan kecintaan akan alam berupa satwa berupa burung banyak menginspirasi para pembatik dalam sebuah helai batik.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/motif-batik-indramayu.html?view=timeslide
Comments
Loading...