Batik Indramayu Motif Banji

0 29

Batik Indramayu Motif Banji

Motif batik yang dibuat di desa nelayan daerah Indramayu sangat dipengaruhi oleh flora dan fauna sekitarnya, sebagai contoh Jarot Asem (Asem Jawa), Dara Kipu, flora atau fauna laut Gaggeng dan Urang Ayu. Motif-motif ini yang merupakan batik kasar dan murah tetapi memiliki keunikan tinggi yang pernah dibuat oleh masyarakat.

Salah satu ragam hias batik dari Indramayu adalah Batik Dermayon.  Ragam hias batik Dermay banyak terinspirasi oleh mahluk laut dan ornamen-ornamen dari Cina, mengingat letaknya yang berada di daerah pesisir dan adanya komunitas Cina dalam jumlah besar di daerah tersebut. Motif pada batik ini berupa sayap ganda (mirong) yang berasal dari Jawa Tengah dengan bunga-bunga dari Cina dengan latar berupa titik-titik halus yang disebut cocohan. Cocohan diperoleh dengan cara menusukkan serangkaian jarum pada permukaan kain yang sudah ditutup lilin, yang akan menghasilkan titik-titik halus setelah diwarnai.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Banji. Nama Bandji berasal dari bahasa tionghoa yang artinya ban artinya sepuluh dan dzi artinya beribu perlambang murah rejeki dan kebahagiaan yang berlipat ganda. Motif ini memang menggunakan dasar ornamen Banji murni pada latarnya dan dihiasi lunglungan atau motif tumbuhan untuk menghiasnya. Motif Banji dibuat dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan membutuhkan keahlian khusus dalam proses pembatikan.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/motif-batik-indramayu.html?view=timeslide
Comments
Loading...