Batik Indramayu Motif Banji Tepak

0 72

Batik Indramayu Motif Banji Tepak

Batik Indramayu seringkali disebut juga sebagai batik Dermayon atau batik Paoman. Keindahan alam dan berbagai fenomena yang terjadi di Indramayu telah mendorong lahirnya kreativitas pembatik Indramayu dalam menciptakan motif batik. Latar belakang kehidupan nelayan dan petani menjadi ciri dan identitas batik Indramayu.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Banji Tepak. Motif Banji Tepak memiliki makna keteraturan kehidupan. Motif Banji merupakan ornamen swastika yang disusun yang tiap ujungnya saling menyambung (swastika tertutup). Nama “Bandji” berasal dari bahasa tionghoa yang artinya ban artinya sepuluh dan dzi artinya beribu perlambang murah rejeki dan kebahagiaan yang berlipat ganda. Banji Tepak bermakna sebagai kotak perhiasan yang melambangkan kesuburan dan keragaman, dirangkai oleh ornamen swastika yang saling terkunci.

Motif Banji pada Batik Indramayu menggambarkan kotak yang berisi aneka ragam hias mencerminkan kekhasan lokal berupa kekayanaan ikan, udang, burung, binatang piaraan, persawahan, dan aneka tumbuhan. Merupakan cermin mata pencaharian di daerah pembatikan Paoman, Babadan dan Penganjang Kabupaten Indramayu. Makna batik ini menunjukkan kekayaan tanah dan laut Indramayu yang harus selalu dijaga dan dimanfaatkan dengan baik.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/motif-batik-indramayu.html?view=timeslide
Comments
Loading...