infobatik.id

Batik Indramayu Motif Ayam Alas

0 22

Batik Indramayu Motif Ayam Alas

Indramayu dan sekitarnya adalah komunitas masyarakat nelayan dan merupakan pelabuhan penting pada pantai utara Jawa yang sering disinggahi kapal-kapal asing. Membatik dikerjakan oleh para isteri nelayan pada saat para suami melaut dan bertujuan menambah income/pemasukan keluarga. Mereka menggunakan canting berukuran besar, sehingga sulit untuk mengisi penuh desain batiknya. Untuk mengisi bidang-bidang kosong, dibuat alat cocohan dengan complongan yang berbentuk seperti sisir dengan jarum tajam yang digunakan untuk mempenetrasi kain begitu selesai dicover dengan lilin.

Setelah dicelup, titik-titik membentuk warna sesuai celupan. Ragam hias Batik Indramayu terdiri dari motif non-geometris atau organik, yaitu susunan motif yang menyebar dinamis dan atraktif memenuhi bidang kain mori. Warna Batik Indramayu seperti pada umumnya batik dari daerah pesisir, memiliki ragam warna dengan komposisi yang cerah, segar dan dinamis.

Salah satu motif batik yang dibuat adalah Motif Ayam Alas. Motif Ayam Alas merupakan penggambaran keadaan dari alam sekitar daerah Indramayu. Sebagian daerah Indramayu terutama bagian selatan memang banyak ditemukan alas (Hutan) dan ankea satwa yang hidup didalamnya pada waktu itu. Motif ini didominasi oleh ragam hias dedaunan yang menjuntai, beranting dan ayam yang mempunyai bulu yang lebat.

Source http://kencanaindah005.blogspot.co.id/ http://kencanaindah005.blogspot.co.id/2016/10/motif-batik-indramayu.html?view=timeslide
Comments
Loading...