Batik Indonesia : Warna Hitam Arang Khas Batik Tulis

0 23

Warna bukan hanya sekedar warna dalam batik tulis, di dalamnya terdapat filosofi yang seolah-olah berpesan kepada kita untuk bagaimana menjalani kehidupan. Selain itu, keindahan kombinasi warna yang ditunjukkan juga begitu memiliki aura yang sakral, tenang, bahkan sampai mistisme. Bukan terus jadi horor memakai batik loh ya, tau sendiri kuntilanak ngga ada yang memakai batik. Pembagian wilayah Mataram Islam dahulu menjadi karakter warna batik juga ikut terpecah mengikuti daerah pecahan.

Seperti warna sogan yang lebih dominan di Keraton Surakarta dan Mangkunegaran, kemudian warna-warna bledak dan hitam arang yang mewarnai batik Keraton Yogyakarta. Warna hitam tersebut hanya bisa didapatkan melalui pewarnaan alam yang menggunakan akar dan batang pohon tertentu sebagai bahan pewarnaannya. Daun mangga juga bisa memberikan warna hitam yang dominan apabila menggunakan pencampuran yang pas dengan warna dari bahan alam yang lain.

Nah, warna hitam ternyata memang memiliki pamor tersendiri dalam batik. warna hitam arang yang dipadukan dengan sogan seperti membangkitkan aura sakral batik tulis. Kekuatan warna hitam seperti memberikan kedalaman makna batik. Warna hitam arang pada batik menurut berbagai sumber bisa diartikan keabadian, yang dimaksud keabadian adalah warna batik itu sendiri yang tidak akan berubah meskipun dalam rentang waktu yang lama. Selain itu, semakin lama batik itu disimpan atau digunakan.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/10/05/sakral-dan-mistisnya-warna-hitam-arang-khas-batik-tulis
Comments
Loading...