Batik Indonesia : Udan Liris, Pembawa Berkah Kehidupan

0 21

Hujan dianggap sebagai pembawa berkah kehidupan. Deras atau gerimis, kehadiran hujan dinanti dengan gembira. Tak heran jika kehadirannya sebaiknya diiringi dengan doa pengharapan akan berkah yang diturunkan oleh Yang Maha Kuasa. Dalam pakem batik Yogya dan Solo, dikenal motif batik yang menggambarkan hujan, disebut motif udan liris. Batik motif udan liris ini adalah termasuk kategori motif lereng, yaitu motif dengan bentuk dasar garis-garis diagonal sejajar.

Udan liris juga diartikan sebagai “hujan gerimis” atau “hujan rintik-rintik” – yang merupakan simbol kesuburan, kesejahteraan dan rahmat dari Tuhan. Motif udan liris sendiri merupakan gabungan dari berbagai motif dalam ukuran kecil yang disusun rapat mengikuti garis-garis diagonal dengan latar belakang berwarna putih.

Biasanya paling tidak terdiri dari 7 motif batik dalam ukuran kecil, diantaranya:
(1) lidah api yang melambangkan ambisi
(2) setengah kawung yang melambangkan sesuatu yang berguna
(3) banji sawit yang melambangkan kebahagiaan dan kesuburan
(4) mlinjon yang melambangkan kehidupan
(5) tritis yang melambangkan ketabahan hati
(6) ada-ada yang melambangkan adanya keperkasaan, dan
(7) watu walang yang melambangkan kesinambungan

Motif-motif tersebut disusun rapat melambangkan permintaan doa untuk mendapatkan berkah dari Tuhan. Selain itu, motif udan liris juga melambangkan ketabahan – diharapkan orang yang memakainya tabah dalam menjalani hidup prihatin – seperti janji suami istri yang setia dalam susah dan senang. Tak pelak, banyak dipakai.

Source kepulauanbatik.com kepulauanbatik.com/2016/02/01/udan-liris-pembawa-berkah
Comments
Loading...