Batik Indonesia Terobos Pasar Paris dan Negara Eropa Lain

0 6

Batik Indonesia Terobos Pasar Paris dan Negara Eropa Lain

Batik Indonesia menerobos pasar Paris dan negara  Eropa, seiring pengakuan UNESCO sejak 2 Oktober 2009 sebagai Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity.

“Keunggulan batik nasional itu terus diperkenalkan dengan mengikuti pameran-pameran mancanegara termasuk di Unesco Headquarters, Paris, Perancis,” kata Dirjen Industri Kecil Menengah (IKM), Gati Wibawaningsih di Jakarta.

Dijelaskannya, pameran pada 6-12 Juni 2018 itu juga menggelar lokakarya mengenai ragam kain batik dan sejarahnya, proses pembuatan kain batik, serta perkembangan industri batik di Indonesia. Selain juga rencananya diisi dengan peragaan busana dan pertunjukan seni daerah.

Kemenperin mencatat, nilai ekspor batik dan produk batik nasional mencapai  58,46 juta dolar AS pada 2017 dengan tujuan pasar utama ke Jepang, Amerika Serikat, dan Eropa.

Bahkan, potensi perdagangan produk pakaian jadi di dunia yang mencapai USD442 miliar, menjadi peluang besar bagi industri batik dalam negeri untuk semakin meningkatkan pangsa pasarnya mengingat batik sebagai salah satu bahan baku produk pakaian jadi.

Source http://poskotanews.com http://poskotanews.com/2018/05/31/batik-indonesia-terobos-pasar-paris-dan-negara-eropa-lain/
Comments
Loading...