Batik Indonesia : Tentang Cara Merawat Kain Batik

0 97

Petunjuk tentang Cara merawat kain Batik Tulis

  1. Bersihkan kain batik tulis dengan merendamnya pada air dingin dengan syarat dipisahkan berdasarkan corak dan warna yang sama selanjutnya setting tombol pada mesin cuci anda di siklus lembut atau timer yang pendek kurang lebih 15 menit. Gunakan mode standar rumah tangga pada mesin mencuci atau dengan tangan, gunakan jenis deterjen yang lembut. Mencuci kain batik tulis baru cukup dalam satu atau dua bilasan air dingin tambahan untuk menghilangkan kelebihan pewarna dari kain batik tulis tersebut.
  2. Keringkan kain batik tulis ke dalam pengering pada pengaturan suhu sedang sampai benar-benar kering.
  3. Setrika kain batik tulis anda pada pengaturan panas yang rendah atau menengah. Jangan menggunakan jenis kain yang tebal atau mode pengaturan uap saat disetrika, karena akan menyebabkan kerusakan kain. Tempatkan potongan-potongan kain katun tipis pada kedua sisi dari kain batik tulis tersebut saat menyetrika. Hal Ini akan memberikan perlindungan tambahan terhadap kain.
  4. Lipat kain batik tulis dan simpan kedalam lemari yang tertutup dan tidak lembab untuk mencegah pemudaran dan kerusakan kain saat tidak digunakan. Letakkan kain ke dalam kantong plastik yang kedap udara untuk penyimpanan jangka panjang gunanya untuk melindungi kain terhadap ngengat dan potensi kerusakan lainnya.

Source Batik batik-tulis.com/blog/bagaimana-cara-perawatan-kain-batik-tulis
Comments
Loading...