Batik Indonesia : Sejengkal Bumi Batik Desa Girilayu

0 30

Sejengkal bumi batik Desa Girilayu. Banyak yang sudah mengetahui, bahwa Desa Girilayu adalah tempat para pembatik, para pengrajin batik dan para pecinta batik, terutama batik tulis. Melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia bukanlah hal yang mudah, terlebih bagaimana nantinya kita meneruskan tongkat estafet kepada generasi selanjutnya. Sebagai salah satu Desa yang tetap nguri-ui kebudayaan batik tulis, Desa Girilayu adalah salah satu daerah yang berada di area Kabupaten Karanganyar.

Yang terus berjibaku untuk tetap melestarikan dan membanggakan batik. Desa Girilayu hanyalah sebuah Desa yang biasa, seperti desa pada umumnya. Namun, karena selain budaya batik yang sudah turun temurun diwariskan kepada kehidupan mereka, batik juga sudah menjadi identitas kesederhanaan mereka dalam kehidupan sehari-hari. Batik tulis sudah mendarah daging dalam denyut nadi para pembatik, tidak muda, tidak tua, semua berusaha melestarikan keindahan motif-motif batik yang mengagumkan.

Motif-motif yang indah tersebut menjadikan mereka semakin gigih berjuang memberikan yang terbaik untuk batik Indonesia. Para pembatik yang berusia di atas 50 Tahun, Ibu Kasiyem, Ibu Darso, Ibu Sri, Ibu Pani, Ibu Warsi, dan masih banyak lagi. Dan tidak hanya para sesepuh yang menggeluti batik, beberapa generasi muda juga sudah banyak yang ikut terjun menggeluti batik tulis. Tidak percaya? Main kesini. Selain itu, banyak juga pengusaha batik yang muncul.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/10/02/selamat-hari-batik-nasional-2-oktober-2018-dari-sejengkal-bumi-batik-desa-girilayu
Comments
Loading...