Batik Indonesia : Sejarah Asal Usul Keberadaan Batik

0 30

Jika ditelusuri dari historinya, batik telah ada sejak abad ke XVII dimana waktu itu nenek moyang kita telah mengenal sistem melukis pada permukaan daun lontar. Sementara itu secara etimologis batik berasal dari bahasa Jawa, yakni amba berarti menulis dan kata titik. Motif batik terus mengalami perkembangan sejak mula asal batik tercatat dalam sejarah. Penciptaan batik mula-mula memanfaatkan semua bahan alami dimana kainnya ditenun dengan tangan dan bahan pewarna yang gunakan pun berasal dari tumbuhan seperti soga, nila, dan pohon mengkudu.

Begitu pula dengan soda yang terbuat dari soda abu dan garamnya berasal dari lumpur. Kala itu kain batik sangat terbatas karena hanya dikenakan oleh keluarga bangsawan pada zaman kerajaan. Lambat laun kreativitas seni batik mulai dipraktikkan oleh kalangan terdekat kerajaan dan terus meluas hingga wilayah rakyat biasa. Kaum perempuan menekuni pekerjaan membatik sebagai pengisi waktu luang. Dan kain batik pun menjadi pakaian yang semakin digemari dan banyak diperdagangkan.

Selanjutnya, asal usul batik mendapat beragam pengaruh sesuai yang terjadi pada kehidupan masyarakat saat itu. Seni batik yang memiliki fleksibilitas tinggi mampu menyerap ragam pengaruh itu dan menceritakan segala hal yang terjadi pada setiap masa. Tidak sekadar kronologi peristiwa yang terangkum dalam kekayaan corak batik, melainkan juga pesan moral yang membimbing manusia.

Source batik.or.id batik.or.id/sejarah-asal-usul-keberadaan-batik
Comments
Loading...