Batik Indonesia : Preman-Preman Budaya Batik Negeri

0 28

Preman-preman budaya batik untuk satu hati membangun negeri. Sekilas memang preman memiliki konotasi yang sedikit negatif, but don’t worry, mereka tidak pernah memalak, mereka tidak pernah merampok. Preman disini berarti bahwa mereka sangat galak, galak untuk mengembangkan budaya batik, dan believe or not mereka mampu membuat kreasi dari batik hanya dalam satu malam. Apa saja kreasi itu, banyak, dari mulai ikat kepala sampa kupu-kupu dengan sayap motif batik, mereka yang buat.

Okay, meskipun di berbagai daerah mungkin sudah lebih dulu mempopulerkan karnaval dengan kostum batik, tapi disini, mereka adalah yang pertama, paling tidak di Kabupaten Karanganyar. Nah, para Pre-Man ini memakai baju lurik yang biasa kita lihat menjadi kostum kebesaran para tukang menata posisi motor dan mobil alias tukang parkir di Kota Surakarta dan sekitarnya. Mereka juga memakai ikat kepala batik khas Jawa klasik yang keren abis. Lalu kenapa memakai lurik, perlu tahu, lurik sendiri adalah pakaian kebesaran Sunan Kalijaga loh, which have meaningkita sebagai manusia harus selalu rendah hati, harus memiliki paradigma bahwa kita ini sama di hadapan Tuhan, sokenapa harus saling membenci, saling menyalahkan, saling bermusuhan, toh ketika mati kita akan sama-sama menjadi bangkai. Selain itu, lurik yang kita pakai adalah cerminan dari apa yang dipertahankan.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/07/31/perkenalkan-kami-preman-preman-budaya-batik-untuk-satu-hati-membangun-negeri
Comments
Loading...