infobatik.id

Batik Indonesia : Pengertian Motif Batik Tiga Negeri

0 21

Batik Tiga Negeri. Bila melakukan proses pewarnaan, maka batik tiga negeri yang dihasilkan akan sempurna. Dibeberapa tempat, nama batik negeri memang kerap ditambahkan kata Tjoa. Hal ini diduga karena nama tersebut merupakan pendesain batik tiga negeri di tahun 1940 silam. Saat itu, nama tersebut berasal dari dua nama yakni Tjoa Tjoen Kiat dan Tjoa Siang Swie. Tak heran, pada saat itu, nama Tjoa memang memiliki nilai jual yang tinggi karena digunakan sebagai identitas.

Berbicara mengenai motifnya yang khas batik tiga negeri sendiri menggambarkan ketiga daerah yang saling memiliki keterkaitan kuat. Prosesnya pun tidak mudah tentunya. Dengan prosesnya yang rumit dan memakan waktu yang panjang, tidak salah harga batik tiga negeri saat ini pun memang terkategori cukup mahal. Disamping itu, makna filosofis yang terdapat pada jenis batik ini telah memberikan nilai sejarah yang tinggi. Terbukti banyak yang percaya bahwa ada nilai dan chemistry yang ada dari sejarah masa dulu yang terlukis dan melekat kuat pada batik tiga negeri ini.

Maka tak jarang, ini menjadi kelebihan dan nilai jual yang tinggi pada jenis batik ini. Melihat prosesnya yang rumit dan memakan waktu yang lama serta nilai historis yang melegenda tersebut, benar kiranya batik tiga negeri mendapatkan julukan masterpiece dalam dunia perbatikan saat ini.

Source batik.or.id batik.or.id/pengertian-motif-batik-tiga-negeri
Comments
Loading...