Batik Indonesia : Parang Bukti Ketangguhan Kartini

0 15

Pada zaman kartini, penggunaan batik masih menjadi sebuah adat pakaian tersendiri setelah kemben, terutama karena pengaruh Hindia-Belanda. Namun pemakaian batik sebagai paduan kebaya masih tetap dipertahankan untuk mengikuti nilai dan norma adat Jawa pada masanya. Dan dari berbagai foto lama, dapat kita lihat bahwa seorang Kartini banyak memakai motif batik parang sebagai paduan kebayanya. Mungkin bagi orang awam, motif ini terlihat biasa saja, tetapi faktanya bahwa banyak filosofi yang terkandung dalam batik bermotif parang tersebut.

Sengaja, hari ini kita akan membahas motif batik parang yang dalam berbagai sumber foto banyak ditemukan beliau menggunakan batik yang bermotif parang. Batik bermotif parang sendiri bermakna seorang prajurit atau seorang ksatria yang mampu memberikan pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, motif parang yang dipakai Ibu Kita Kartini memberikan sebuah paradigma bahwa beliau adalah seorang pemberani, dan seorang yang memiliki cita-cita yang tinggi. Perempuan pada masa Kartini memang hanya memiliki tugas dapur, kasur dan sumur, artinya bahwa perempuan pada masa itu hanya bertugas memasak di dapur, melayani suami di kasur, dan pekerjaan perempuan pada umumnya.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/04/21/selamat-hari-kartini-2018-batik-bermotif-parang-bukti-ketangguhan-kartini
Comments
Loading...