Batik Indonesia : Panembahan & Batik Motif Parang

0 21

Batik motif parang adalah salah satu motif klasik yang diciptakan oleh Panembahan Senopati. Keberadaan batik motif parang tentu saja tidak terlepas dari sejarah berdirinya kerajaan Mataram Islam oleh Panembahan Senopati. Setelah memindahkan pusat kerajaan dari Demak ke Mataram, dia sering bertapa di sepanjang pesisir Pulau Jawa, antara lain Parangkusuma menuju Dlepih Parang Gupito, menelusuri tebing Pegunungan Seribu yang tampak seperti “pereng” atau tebing berbaris.

Sebagai raja Jawa yang tentu saja menguasai seni, maka keadaan tempat tersebut mengilhaminya menciptakan pola batik lereng atau parang, yang merupakan ciri pakaian Mataram. Di salah satu tempat bertapa tersebut, ada bagian yang terdiri dari tebing-tebing atau pereng yang rusak karena terkikis deburan ombak laut selatan, sehingga lahirlah ilham untuk menciptakan motif batik yang kemudian diberi nama Parang Rusak. Karena penciptanya adalah raja pendiri kerajaan Mataram, maka motif parang tersebut hanya boleh dikenakan oleh raja dan keturunannya di lingkungan Istana.

Seperti yang kita ketahui, Mataram Islam mampu berjaya karena jasa Panembahan Senopati, membuktikan kekuatan Panembahan Senopati sebagai Raja Mataram. Selain memperluas kerajaan, konon juga beliau menjadi suami dari penguasa laut kidul, Nyi Roro kidul. Majunya Mataram Islam sekaligus membuktikan bahwa kebudayaan juga semakin maju di era Panembahan Senopati. Pusat Kerajaan yang berada di Yogyakarta menjadi bukti.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/09/25/panembahan-senopati-dan-lambang-kekuatan-luar-biasa-batik-motif-parang
Comments
Loading...