Batik Indonesia : Motif Batik Besurek, Pengaruh Islam

0 43

Membicarakan perkembangan Islam, tentu tidak bisa dipisahkan dari Batik Besurek. Menurut sejarahnya Batik Besurek diperkenalkan pedagang Arab dan pekerja asal India pada abad ke-17 kepada masyarakat di Bengkulu. Seiring dengan perkembangannya, seni dalam membuat motif pada kain tersebut dipadukan dengan tradisi Indonesia yang berciri khas Bengkulu. Motif kaligrafi ini terkadang dikombinasikan dengan motif bunga raflessia, atau motif yang lain. Meskipun berupa tulisan kaligrafi, namun kebanyakan tidak memiliki makna yang jelas karena batik ini juga sebagian besar digunakan untuk pajangan atau hiasan.

Batik ini sudah kembali bangkit dari mati suri karena kehilangan pengrajin yang membuat batik tulis ini. Batik daerah Bengkulu ini mulai kembali dilestarikan, dan mulai mendapatkan perhatian dari pemerintah karena dari sejarahnya yang juga bukti penyebaran Agama Islam di Sumatra, terutama daerah Bengkulu dan sekitarnya.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/05/20/edisi-ramadhan-5-batik-motif-klasik-yang-mendapatkan-pengaruh-islam
Comments
Loading...