Batik Indonesia : Mempertahankan Kelestarian Batik

0 133

Batik tulis, sudah sejak zaman kerajaan di Nusantara. Batik juga tidak lepas dari perkembangan budaya busana yang terus menerus mengalami modernisasi, berkembang dan terus berkembang. Berbagai motif juga dikembangkan dan dilestarikan. Tujuannya apa, yaitu untuk meneruskan jati diri bangsa Indonesia yang sudah turun-temurun memiliki kebudayaan yang bahkan orang luar negeri tertarik dengan budaya itu. Sama seperti kami, memang benar berjualan batik tidak semudah berjualan kacang goreng, namun idealisme kami lebih tinggi dari itu, kami lebih memiliki pemikiran bagaimana ikut mengembangkan budaya Indonesia agar semakin menjadi daya tarik bagi masyarakat negara lain.

Menjual batik hanyalah sebagai bonus karena kami ingin lebih memiliki kebanggaan batik tulis ini bisa sampai ke seluruh penjuru dunia dan terutama membanggakan Indonesia. Dan warisan ini tentu saja harus tetap kita perjuangkan, harus tetap kita lestarikan. Karena sebagai salah satu cara untuk meningkatkan rasa cinta tanah air adalah dengan mencintai budaya asli dari negeri kita sendiri, bumi tempat kita berpijak, Indonesia. Mungkin begitulah cara kami berjuang agar lebih memiliki perhatian kepada Nusantara Indonesia, bukti bahwa kami masih, dan akan terus mencintai tanah air kami tanpa perlu memiliki banyak alasan untuk itu. Dari sini masih berjuang untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia, yang berjuang untuk melestarikan batik tulis.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/08/04/mempertahankan-kemerdekaan-sekaligus-mempertahankan-kelestarian-batik-tulis
Comments
Loading...