Batik Indonesia : Lintang Trenggono (Bintang Berkilau)

0 11

Dalam motif diperlihatkan berbagai jenis binatang, suatu keaneka ragaman dalam kehidupan yang pada akhirnya dapat saling bertenggang rasa. Jadi bila seseorang mengenakan motif batik tertentu itu bukan saja berarti bahwa yang bersangkutan hanya ingin memperlihatkan betapa indahnya motif batikannya tetapi juga sekaligus ingin dan dapat memperlihatkan fungsi dan kedudukannya dalam masyarakat yang berlaku. Juga melalui motif batik yang dikenakannya akan tersirat harapan dan makna ungkapan perasaannya.

Dan dengan mengenakan motif tertentu si pemakai juga ingin menyampaikan pesan, karena motif-motif tersebut tidak terlepas dari pandangan hidup pembuatnya dan pemakainya. Juga dari pemilihan pemberian nama tentang nama motif batik sangat berkaitan erat dengan suatu harapan dan tujuan hidup dari pembuatnya. Bila motif Parang dan variasinya menggunakan ombak sebagai unsurnya dan motif kawung menggunakan tumbuhan, terutama teratai, sebagai motif utamanya, lain halnya dengan motif Lintang Trenggono.

Pada motif Lintang Trenggono, yang ditonjolkan adalah suasana malam. Lintang Trenggono (Bintang yang berkilauan). Dalam Motif Lintang Trenggono dilukiskan kehadiran binatang-binatang malam yang bermunculan seiring dengan gemerlapannya cahaya bintang-bintang di angkasa raya. Dari si pemakainya diharapkan dapat menggambarkan betapa puas dan bahagianya (terbebas dari beban berat) hati si pemakai dalam menikmati kehidupan malam yang penuh dengan gemerlapannya bintang di angkasa raya. Motif ini biasanya dikenakan dalam resepsi-resepsi

Source ptppa.com ptppa.com/detail/270/batik-jawa
Comments
Loading...