Batik Indonesia : Kolaborasi Hanbok Batik Indonesia

0 81

Hanbok (Korea Selatan) atau Chosŏn-ot  adalah pakaian tradisional masyarakat Korea. Hanbok pada umumnya memiliki warna yang cerah, dengan garis yang sederhana serta tidak memiliki saku. Walaupun secara harfiah berarti “pakaian orang Korea”, hanbok pada saat ini mengacu pada “pakaian gaya Dinasti Joseon” yang biasa dipakai secara formal atau semi-formal dalam perayaan atau festival tradisional. Kembali ke hanbok, Didukung oleh Asosiasi Korea-Indonesia, perancang Cho Yun Joo memperkenalkan keindahan hanbok di Korea Festival 2017.

Beliau juga telah menyiapkan hanbok kerajaan, hanbok bangsawan, hanbok modern, dan batik hanbok. Pertunjukan yang digelar di Indonesia, menjadi ide baru bagi Cho Yun Joo. Keinginannya untuk memperkenalkan hanbok sukses ia gabung dengan berbagai kain batik asal Jawa Tengah.

Aku ingin memperlihatkan berbagai kemungkinan dari perkembangan [hanbok]. Khususnya, dengan pakaian tradisi Indonesia

tuturnya. Meski dinobatkan sebagai peraih ‘Hanbok Brand Award 2016’, Cho Yun Joo sempat cemas pada pertunjukan kali ini.

Aku sempat khawatir untuk mempersiapkan fashion show di Indonesia, tetapi setelah mempelajari batik aku kaget [ternyata] kain tersebut indah dan cantik, dan aku ingin menggabungkannya dengan hanbok

Kesuksesan Korea Festival 2017 membuat dua kebudayaan ini berpadu di dalam hanbok batik yang begitu mengesankan. Dan diharapkan, akan semakin banyak para perancang busana dari berbagai negara yang tertarik untuk kolaborasi budayanya dengan batik.
Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/09/12/kolaborasi-mengesankan-hanbok-korea-selatan-dan-batik-indonesia
Comments
Loading...