Batik Indonesia : Kawung, Mudah jadi Kain Batik Tulis

0 141

Banyak yang memakai batik tetapi tidak tahu apa motif batik yang sedang dipakai, banyak sekali. Memang gampang-gampang susah mendefinisikan motif batik, terutama motif klasik, belum lagi variasi yang berdasarkan motif klasik semakin banyak pilihannya. Ingin membuat motif batik sendiri? kita bisa mulai mengenalkan motif batik yang bisa dibuat sendiri dirumah. Boleh ditambahkan variasi sesuai dengan kreatifitas. Jangan lupa dipatenkan menjadi motif kreatif. Bukan tidak mungkin kalian adalah the next Iwan Tirta.

Motif Kawung

Motif Kawung adalah pilihan pertama bagi kalian yang ingin mencoba membuat motif batik yang simple. Karena hanya merupakan pengulangan sebuah motif. Motif Kawung berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian.

Motif ini biasanya bergambar nama bunga pohon aren (buah kolang-kaling). Batik kawung berbentuk geometris segi empat di dalam pengartian kebudayaan Jawa melambangkan suatu ajaran tentang terjadinya kehidupan manusia. Pengembangan motif Kawung adalah Motif Ceplokan yang hampir mirip dengan motif kawung. Kalian bisa mencari referensi contoh untuk motif ini dan mencoba membuat kreasi motif kawung untuk batik yang kalian desain.

Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/03/21/5-motif-batik-yang-mudah-untuk-dibuat-menjadi-kain-batik-tulis
Comments
Loading...