Batik Indonesia : Kain Batik Poleng Bang Bintulu Aji

0 21

Kain poleng tersebut yang memicu Werkudara atau Bimasena untuk menjalankan dharma, memberantas kejahatan dan menegakkan kebenaran dan terutama melindungi rakyatnya. Sifat tersebut yang memicu Werkudara untuk mencari Banyu Suci Perwitasari ke samudera luas dan bertemu dengan Dewaruci yang menjelaskannya tentang Banyu Suci Perwitasari tersebut. Setelah Sang Bimasena memahami maknawiyah Banyu Suci Perwitasari, maka kain dodot poleng yang tadinya hanya 2 warna, yakni: hitam dan putih, lalu ia boleh mengenakan dodot polengnya yang terdiri dari 5 (lima) warna, yang acap disebut kain Bang Bintulu Aji, yang, terdiri atas warna: merah, hitam, kuning, dan putih.

Tentang Makna Poleng. Empat warna yang disebutkan tadi  memiliki arti dan filosofi tersendiri. Bahwa empat warna poleng merupakan simbol dari sedulur papat [empat saudara]. Bahwa ketika manusia dilahirkan kedunia, Tuhan sudah menyertainya, bahkan menyiapkan 4 saudara yang bisa kita mintai tolong tanpa kita harus membayar. Yaitu: bumi, api, angin, dan air. Bumi. Bumi memiliki watah yang kokoh dan dermawan, bumi memberikan kita apapun yang tumbuh di bumi.

Bahkan untuk seluruh makhluk hidup yang tinggal diatasnya tanpa terkecuali. Bumi juga merupakan tempat kita menyadari bahwa kita tidak sepatutnya menyombongkan diri karena kita berada di bawah langit yang tinggi. Untuk itu kita seharusnya tetap merendahkan hati namun bukan merendahkan diri. Sebagai pengingat.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/02/02/mengenal-kain-batik-indonesia-poleng-bang-bintulu-batik-kebesaran-sang-werkudara
Comments
Loading...