Batik Indonesia : Hasil Batik dari Anak Disabilitas !

0 51

Sejak Batik Ciprat hasil karya anak-anak disabilitas yang tergabung dalam perkumpulan Disabilitas Intlektual Restu Ibu (DIRI) dari Dusun Sebelik RT 02 RW 01, Desa Bayuasin Kembaran, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, terkenal, banyak kalangan yang melirik. Salah satunya adalah TP PKK dari Dusun Kendangan, Desa Caturharjo, Kecamatan/Kabupaten Sleman. Ibu-ibu PKK dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tersebut, pada Minggu (21/10/2018), melakukan kunjungan sekaligus studi banding ke home industri perkumpulan DIRI. 

Kedatangan 29 Ibu-ibu PKK dari Kabupaten Sleman itu, langsung disambut gembira oleh pendiri Kelompok Batik Ciprat dari perkumpulan DIRI bersama pihak Pemerintah Desa dan Kecamatan setempat. Pendiri Kelompok Batik Ciprat, Darminah menuturkan, Batik Ciprat yang dibuat oleh anak anak, bener bener abstrak.

Untuk jenis batik lainnya, anak anak kami masih bisa membuatnya

Menurut Darminah, untuk mengajari anak disabilitas memang tidak gampang dan perlu kesabaran yang ekstra. Selain itu, anak-anak penyandang disabilitsa itu harus ada pendampingnya.

Dalam proses pembuatan batik, anak anak harus di dampingi. Kalau tidak, malah pada jalan-jalan sendiri

Dalam kunjungan sekaligus studi banding itu, ibu-ibu PKK dari Desa Caturharjo, Kecamatan/Kabupaten Sleman melihat-lihat secara langsung bagaimana proses pembuatan Batik Ciprat yang dilakukan oleh perkumpulan Disabilitas Intlektual Restu Ibu (DIRI). 

Source Portal portalindonesia.net/read/5442/20181021/193134/hasil-batik-dari-anak-disabilitas-di-purworejo-ini-dilirik-tp-pkk-sleman-yogyakarta
Comments
Loading...