Batik Indonesia : Gendong Menggunakan Jarik Batik

0 34

Sejak zaman dahulu, menggendong bayi menggunakan jarik (kain) batik sudah menjadi sebuah tradisi dan kearifan lokal tersendiri. Entah siapa yang pertama kali menemukannya, kalau kata eyang putri, sudah sejak zaman mbahnya mbah yang punya mbah lagi diatas mbah. Nah loh. Lalu apa yang unik dari menggendong bayi menggunakan jarik batik ini, malahan mungkin terlihat “ndeso” kampungan bukan? Woghh, jangan salah, sudah berpuluh kali kami sampaikan, bahwa kearifan lokal budaya Jawa pasti memiliki filosofi dan makna tersendiri.

Biar lebih jelas kita bahas manfaat menggendong bayi atau anak kecil menggunakan jarik batik. Lebih dekat dengan sang Ibunda. Sudah jelas bukan, seorang anak pasti ingin berada dekat dengan sang ibu. Dekat dalam artian, tidak terpisah jarak. Ketika digendong ayahnya menangis, tetapi giliran digendong ibunya, langsung dicancel nangisnya si anak kecil. Entah pake trik apa seorang ibu bisa membuat anaknya merasa lebih tenang dan ceria ketika dalam gendongan ibu. Belum lagi misalnya yang gendong baby sitter melulu, itu anak siapa coba?

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/05/06/penting-7-manfaat-kearifan-lokal-menggendong-bayi-menggunakan-jarik-batik
Comments
Loading...