Batik Indonesia : Dodot (Kampuh), Cara Pakai Batik

0 130

Ini adalah kain batik seremonial yang dipakai meliliti pinggang, berukuran 7 – 8 kacu dengan lebar 2 kacu atau sekitar 4 meter x 2 meter. Biasa dipakai pada saat – saat istimewa, seperti pada upacara pernikahan puta – putri raja dan pada saat jumenengan atau peringatan hari penobatan raja.

Bagi masyarakat tradisional Jawa, memakai batik adalah sesuatu yang membanggakan, sesuatu yang memiliki aura tersendiri. Sehingga mereka akan terlihat sangat nyaman sekaligus seperti memakai pakaian kebesaran mereka. Akan ada rasa hormat terhadap apa yang mereka pakai atau batik apa yang orang lain kenakan. Sebagai suatu toleransi budaya dalam keragaman tersendiri.

Mungkin bagi zaman modern seperti sekarang ini, semakin sulit dalam kehidupan sehari-hari untuk menemukan kecuali pada acara resmi atau acara tertentu. Sebagai negara berkembang Indonesia juga harus mengikuti perkembangan zaman, begitu juga dengan dunia fashion. Namun sekali lagi tidak salah menjadi klasik dan tidak akan turun pamor kita karena memakai batik. Batik adalah identitas resmi bangsa Indonesia dan akan tetap seperti itu meskipun zaman telah berganti.
Source Prajnaparamita indonesianbatik.id/2018/01/26/cara-memakai-kain-batik-dalam-tradisi-jawa
Comments
Loading...