Batik Indonesia : Doa Kemudahan Sepotong Batik Slobog

0 28

Akhir-akhir ini motif dengan pola-pola dasar geometris seperti segitiga atau segi empat yang tersusun dalam selang-seling warna hitam putih banyak digunakan oleh pembatik sebagai latar ragam hias kupu, bunga, dan sebagainya. Sebelumnya motif-motif yang banyak digunakan adalah parang, truntum, kawung. Motif papan catur [segi empat hitam putih] terinspirasi dari kain poleng, kain khas Bali yang merupakan pencetusan konsep antara yang baik dan yang buruk.

Sedangkan susunan geometris segitiga, dalam khazanah batik Yogya dan Solo dikenal dengan nama motif “slobog”. Slobog, asal kata lobok, artinya lapang atau longgar. Secara filosofi merupakan doa untuk seseorang agar mendapatkan kemudahan di tempat barunya.

Yang menarik dari arti ini, ternyata motif slobog biasa digunakan untuk 2 jenis kegiatan yang berbeda :
Pertama, motif slobog biasa dipakai ketika melayat. Mengenakan motif slobog ketika melayat memberikan doa agar arwah yang meninggal di beri kelapangan di alam baru, tidak mendapat halangan dalam dunia yang abadi, dan diterima semua kebaikannya
Kedua, motif slobog juga bisa dipakai untuk menghadiri acara pelantikan pejabat baru. Mengenakan motif slobog ketika menghadiri acara pelantikan pejabat baru memberikan harapan agar yang baru dilantik diberi petunjuk dan kelancaran dalam menjalan semua tugas-tugasnya, dimudahkan dalam mengemban tanggung jawab barunya itu. Dengan makin banyaknya digunakan motif slobog dalam desain modern.

Source kepulauanbatik.com kepulauanbatik.com/2016/02/18/doa-kemudahan-dalam-sepotong-batik-slobog
Comments
Loading...