Batik Indonesia di Mata Dunia

0 502

Batik Indonesia Di Mata Dunia

Batik telah menjadi sebuah seni yang di bangga kan oleh bangsa Indonesia. Kain batik dengan berbagai macam pola dan juga motif yang unik ini memiliki proses pembuatan yang unik dan juga beberapa memiliki makna yang khusus. Momen pengakuan dunia terhadap seni batik Indonesia ini telah kita peringati setiap tanggal 2 oktober di berbagai penjuru nusantara.

Semakin dikenalnya batik masyarakat Indonesia maka secara perlahan namun pasti kain dan juga batik telah masuk ke dalam budaya masyarakat Indonesia secara keseluruhan. Batik telah menjadi pakaian yang dapat dipakai setiap hari dan bukan lagi pakaian tradisional dan dipakai pada upacara adat saja.

Batik selain disukai oleh bangsa Indonesia, beberapa tokoh besar dunia juga banyak yang memakai baju batik sebagai salah satu busana yang mereka sukai. Batik ini telah menjadi salah satu bentuk pengakuan masyarakat dunia terhadap seni dan tradisi masyarakat Indonesia. Salah seorang pemimpin dunia yang kerap terlihat memakai baju batik adalah Nelson Mandela. Beliau merupakan pemimpin negara Afrika Selatan dan sering terlihat memakai baju batik di dalam berbagai macam acara resmi seperti ketika acara penutupan Piala Dunia di tahun 2010. Selain itu beliau juga memakai baju batik ketika melakukan kunjungan ke Indonesia di tahun 1997.

Bahkan di negara Afrika Selatan, batik telah dianggap sebagai busana yang mewah dan memiliki sebutan khusus yaitu Batik Madiba. Berbagai hal ini telah membuat kain batik Indonesia menjadi semakin dikenal diseluruh dunia dan banyak juga dipakai dalam berbagai macam acara resmi oleh para orang penting di dunia.

Para pedagang dan juga pengusaha baju batik di Indonesia ini telah banyak yang melebarkan sayap usaha nya ke berbagai wilayah di luar negeri seperti yang dilakukan oleh Saidah Masud Baradja. Usaha pembuatan batik yang dimiliki nya telah mencapai pasar internasional dan juga banyak dibeli oleh penduduk Malaysia dan juga Saudi Arabia.

Source Batik Indonesia Di Mata Dunia Batik
Comments
Loading...