Batik Indonesia : Bersama Berbagai Motif Batik Klasik

0 31

Sebagaimana dalam dunia batik kita membutuhkan proses yang sangat rumit untuk menjadi sebuah batik, begitu juga negeri kita, Indonesia. Yang begitu memiliki ragam perbedaan suku, agama, dan golongan. Seperti sebuah motif batik yang juga memiliki banyak ragam perbedaan satu dengan yang lain. Bangsa Indonesia sedang kehilangan budaya, budaya untuk saling menghormati dan menghargai, saling menyatukan apa yang membedakan. Sedangkan batik sudah lebih dulu mampu untuk bagaimana membuat banyaknya motif mampu bersatu dalam berbagai motif dan warna menjadi sebuah mahakarya Batik Indonesia.

Warna-warni batik yang menjadi kebanggaan bangsa indonesia ini, seharusnya bisa menjadi contoh bahwa kalau kita bersatu, betapa indahnya motif batik yang akan dihasilkan oleh warna itu. Ditambah lagi, warna yang memiliki filosofi dan karakter yang saling melengkapi satu sama lain, bukan malah menjadikannya berbeda. Lihatlah sejenak. Motif Babon Angrem selalu percaya bahwa calon anak yang sedang dieraminya nanti akan menjadi ksatria yang mampu bertahan dalam berbagai ujian serta selalu mampu menyatukan apa yang tidak seharusnya dipisahkan.

Dan lihatlah. Layaknya motif batik Parang, kita adalah ksatria yang sedang diuji dengan berbagai cobaan, kita sedang dipenuhi oleh nafsu angkara murka. Ketika jabatan dan harta kekayaan menjadi godaan ketika kita sedang memperbaiki diri. Kita sedang berperang dengan ego dan hati nurani masing-masing.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/05/11/melihat-indonesia-lebih-dekat-bersama-berbagai-motif-batik-klasik
Comments
Loading...