Batik Indonesia : Belajar Membatik Warna Alami Ok

0 27

Puluhan ibu-ibu tampak serius membatik di aula lantai 2 Kantor UPT Pengembangan Tenaga Kesejahteraan Sosial Jatim di Jalan Panglima Sudirman, Kota Malang, Rabu (20/3). Dengan telaten mereka menuangkan lilin dari canting ke kain lantas membentuk pola-pola seperti bunga. Bukan dari lilin biasa, kali ini lilin yang mereka gunakan terbuat dari bahan-bahan alami. Seperti dari kayu mahoni dan daun ketepeng. Ya, para ibu-ibu ini memang sedang mengikuti pelatihan membatik warna alam yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur.

Mereka diajarkan untuk membuat batik yang dinilai lebih diminati oleh wisatawan asing. Kasi Penyelenggaraan Pelatihan Koperasi dan UKM Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur Sutoyo mengatakan, setidaknya ada 30 pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) batik di 11 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang mengikuti pelatihan tersebut. Pada pelatihan kali ini, pihaknya memang sengaja memberikan pelatihan membatik dengan warna alami. Pasalnya, batik jenis tersebut banyak diminati oleh wisatawan asing.

Harapannya, mereka bisa menghasilkan produk batik dari warna alam. Sebab banyak diminati orang luar (negeri). Batik warna alam harganya juga lebih mahal

Selain itu, potensi ekspor untuk produk batik dari bahan alam juga besar. Menurutnya, wisatawan asing lebih menyukai batik dengan warna berbahan alami karena bagus untuk kulit.

Source Jawa jawapos.com/jpg-today/20/03/2019/belajar-membatik-warna-alami-karena-banyak-digandrungi-wisatawan-asing
Comments
Loading...