Batik Indonesia : Batik Tulis Tradisional dan Budaya

0 25

Batik tulis tradisional telah menjadi kebanggaan bangsa Indonesia sejak dahulu kala, dan sampai sekarang masih dilestarikan dan diakui oleh UNESCO sebagai salah satu heritage yang layak untuk dilestarikan dan dikenal dunia. Dan batik tulis ini begitu erat hubungannya dengan adat budaya ketimuran Bangsa Indonesia, seperti apa, langsung saja kita cari tahu. Negara seperti Indonesia dikenal memiliki budaya dan adat yang khas, dan memiliki keistimewaan dimana kita terkenal dengan sopan santun dan unggah ungguh, terutama dalam berbusana dan berpakaian.

Dan memang untuk itulah batik menjadi sebuah identitas tersendiri terutama bangsa Indonesia. Meskipun di masa sekarang perkembangan fashion yang menggunakan batik tulis tradisional sebagai bahan, tidak mengurangi sifat batik itu sebagai perwujudan dari budaya adat ketimuran bangsa Indonesia, yang nyatanya hampir separuhnya menghilang. Dahulu, dizaman kerajaan di Jawa terutama, unggah-ungguh dan adat istiadat dalam berpakaian begitu menjadi syarat untuk menunjukkan karakter budaya kerajaan yang memiliki norma tersendiri.

Untuk itu penggunaan batik sebagai jarit / jarik hampir menjadi sebuah kewajiban bagi kalangan istana kerajaan dan sekitarnya baik itu perempuan maupun laki-laki. Karakter dan nilai norma tersebut yang orang barat kenal dengan budaya ketimuran, budaya sopan santun entah dalam berpakaian, tutur kata maupun tingkah laku. Yang tentu saja merupakan warisan budaya yang tidak ternilai harganya.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/11/11/batik-tulis-tradisional-dan-adat-budaya-ketimuran-bangsa-indonesia
Comments
Loading...