Batik Indonesia : Batik Tulis Motif Lung Sambagen

0 23

Motif batik lung-lungan adalah motif batik yang terdiri dari tumbuhan yang menjalar sehingga menutupi seluruh bagian kain. Motif tumbuhan lung-lungan ini biasanya digunakan sebagai motif pokok pada batik. Banyak para pecinta batik memilih motif batik lung-lungan ini dari pada motif yang sifatnya geometris atau motif yang sifatnya di tengah seperti buketa Sebab motif lung-lungan didesain dengan aneka bentuk yang bervariasi dan cocok untuk dipakai oleh wanita dan pria.

Selain itu motif lung-lungan bisa digunakan sebagai blouse, kemeja, hem, gamis, sarung bahkan sebagai jarik atau kain panjang. Batik tulis ini bermotifkan Lung Sembagen yang berhiaskan ornamen dedaunan (Lung dalam bahasa Jawa). Sembagen berasal dari kata Sembagi, yaitu jenis kain yang berasal darii Coromandel Coast India pada penghujung Tahun 1600an dibawa oleh pedagang India ke Nusantara. Kain Sembagi dikenal juga sebagai Kain Coromandel, Chintz, Kalamkari atau Kain Kling.

Teknik pembuatan Kain Sembagi yang ditulis dengan tangan kemudian mengilhami para seniman pengrajin Kain di Asia Tenggara termasuk Indonesia di masa itu. Kain Sembagi sebagaimana Kain Patola di masa-masa kerajaan lama menjadi sebuah simbol status bagi pemakainya. Hanya kalangan keluarga bangsawan yang dulu mampu membeli Kain Sembagi.

Source instagram.com instagram.com/p/BIPheD3ARPL/?hl=id&taken-by=bacabatik
Comments
Loading...