Batik Indonesia : Batik Tulis Dihargai Belasan Juta

0 27

Batik tulis memiliki harga yang cenderung mahal dibandingkan batik printing dan batik cap. Dan dengan berbagai alasan pula batik ini memiliki harga mahal. Oleh karena itu, peminat batik tulis cenderung lebih memilih kedua alternatif pembuatan batik tersebut. Namun, ada juga para peminat batik tulis yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk melengkapi koleksinya. Dan jangan kaget apabila batik-batik tulis ini dihargai puluhan juta rupiah satu potongnya. Yang menjadi alasan pertama adalah tahun pembuatan, tahun pembuatan sekitar 1970 dan masih awet sampai sekarang menunjukkan kualitas batik tersebut yang mampu bertahan selama puluhan tahun.

Tanpa ada lunturnya warna maupun kerusakan pada fisiknya. Selain itu karena batik seperti ini biasanya memiliki kenangan tersendiri bagi pemiliknya, misalnya, batik ini telah dipakai untuk pernikahan ketiga anak perempuan sang pemilik. Ditambah lagi, filosofi yang ada di dalamnya yang juga mendukung naiknya harga batik tulis di pasaran. Dan masih banyak alasan dibalik mahalnya batik tulis ini.

Apa yang membedakan dengan batik tulis saat ini dengan yang klasik?

Pada saat mengunjungi galeri, secara langsung akan dapat melihat, meskipun orang awam tentang batik sekalipun. Yang pertama adalah warna, warna klasik akan cenderung adem dan kalem ketika dilihat, karena menggunakan warna alam, yang ssemakin lama disimpan, warnanya akan semakin terlihat indah.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/07/26/jangan-kaget-batik-batik-tulis-ini-dihargai-puluhan-juta-rupiah
Comments
Loading...