Batik Indonesia : Batik Tulis Bermotif Sido Asih Rumit Detail

0 38

Nilai dari sehelai kain Batik Tulis tercermin antara lain dari kerumitan details motifnya dan kesempurnaan pengerjaannya. Meski dua kain memiliki motif yang sama, misalnya motif semen (berseminya kehidupan), tetapi bisa bernilai berbeda. Batik tulis dalam foto ini bermotif Sido Asih dengan kerumitan detail yang tinggi dan pengerjaannya yang rapi. Sebagaimana terlihat dari motif isen (isian latar belakang titik-titik) nya yang rapi. Motif Batik Sido asih merupakan salah satu jenis dari batik keraton.

Arti nama dari batik sido asih itu sendiri berasal dari dua kata dalam bahasa Jawa yakni kata “sido” dan kata “asih”. kata “Sido” dapat kita diartikan sebagai jadi, terus menerus, dan/atau berkelanjutan. Sedangkankata ”asih” dapat kita diartikan secara kamus yaitu sayang. Sehingga jika digabungkan maka, batik Sidoasih adalah selembar kain batik tulis yang di gambar sebagai perlambang suatu kehidupan insan manusia yang penuh akan kasih sayang, menentramkan atau bahagia dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

Motif-motif batik yang berawalan sido merupakan kategori motif batik yang sering dibuat oleh para pebatik. Makna lain dari motif batik Sido Asih ialah harapan seorang pemberi kain batik kepada penerima agar yang menerima dapat menumbuh-kembangkan rasa saling menyayangi serta mengasihi antar sesama. Di dalam kebudayaan Jawa, motif batik Sidoasih digunakan pada pernikahan.

Source instagram.com instagram.com/p/8aPElwo6Vk/?hl=id&taken-by=bacabatik
Comments
Loading...