Batik Indonesia : Batik Tulis Bermotif Burung Hong, Iwan Tirta

0 53

Batik tulis bermotif Burung Hong ini adalah karya disainer Iwan Tirta, yang mengandung makna kekuatan dalam kelembutan. Sebagaimana Burung Hong yang menyimbolkan Permaisuri dalam kebudayaan Tiongkok. Burung Hong juga menyimbolkan energi kelembutan atau Yin. Burung Hong sering disebut sebagai burung Phoenix, meskipun keduanya sebenarnya sangat berbeda. Burung Phoenix dalam mitologi Yunani dan Mesir Kuno merupakan simbol keabadian.

Sementara Burung Hong lebih menjadi simbol dari kelembutan, kemurahan hati, kebaikan, pengabdian dan kemakmuran. Burung Hong (Fenghuang) sering dipersamakan dengan burung Phoenix dari mitologi Yunani dan Mesir kuno. Meski pun keduanya sangatlah berbeda. Burung Hong dalam mitologi Tiongkok kuno adalah salahsatu dari empat makhluk penjaga dunia (Naga di Timur, Kilin di Barat, Burung Hong di selatan, Kura-kura di utara). Sebuah batu giok berbentuk Burung Hong ditemukan pada lokasi penggalian purbakala di daerah Hongshan di perbatasan Tiongkok dan Mongolia, diperkirakan berusia lebih dari 2000 tahun.

Kebudayaan Hongshan sendiri berkisar antara 5000-6000 tahun yang lalu. Burung Hong mensimbolkan energi kelembutan atau Yin, sementara Liong (Naga) mensimbolkan Yang. Sehingga burung Hong dikatakan mensimbolkan Permaisuri, sementara Naga mensimbolkan Kaisar. Dalam simbol-simbol kekaisaranTiongkok keduanya sering ditampilkan berpasangan. Burung Hong dalam kebudayaan Tiongkok dipercaya menjadi pertanda dari kekaisaran yang memberi kemakmuran, kebaikan dan keadilan. Ekornya yang berwarna-warni mengandung makna dari Konfusius.

Source instagram.com instagram.com/p/-DK6xII6V1/?hl=id&taken-by=bacabatik
Comments
Loading...