Batik Indonesia : Batik Truntum Garuda Orang Tua

0 28

Batik Truntum Garuda. Makna ibadah dan sebuah komitmen untuk menjadikan keluarga baru di atas keluarga. Jadi bukan hanya sekedar menyatukan dua insan manusia yang sedang dimabuk asmara, tetapi lebih ke menyatukan dua keluarga yang nantinya akan menjadi satu keluarga. Benar sekali, keluarga menjadi acuan bagaimana setelah menikah akan menentukan masa depan. Dan kemudian bisa disebut kita akan mempunyai bapak dan ibu tambahan, yes benar sekali, bapak dan ibu mertua.

Yang sudah menjadi kewajiban kita untuk menghormati keduanya. Di dalam resepsi pernikahan, mereka akan duduk di sebelah kanan dan kiri kita sebagai bukti bahwa mereka adalah tiang kehidupan kita yang senantiasa akan selalu memberikan doa dan dukungan kepada anak-anaknya untuk membina hidup berumah tangga yang lebih harmonis. Dalam resepsi pernikahan yang apabila menggunakan adat pernikahan Jawa, mereka akan memakai setelan Jawa lengkap dengan kain batik yang diwiru.

Selain itu bapak nantinya akan memakai beskap dan ibu akan memakai kebaya lengkap dengan sanggulnya. Nah, salah satu batik yang biasa digunakan adalah motif truntum garuda. Sudah banyak dijelaskan di artikel di depan, batik ini memiliki filosofi sebuah kasih sayang yang terus menerus dari orang tua kepada anaknya, dan merestui mereka membangun sebuah keluarga yang juga nantinya akan diteruskan lagi kepada generasi selanjutnya.

Source indonesianbatik.id indonesianbatik.id/2018/10/03/pasangan-kembar-batik-truntum-garuda-untuk-keempat-orang-tua-di-pelaminan
Comments
Loading...